Mandi Yang Baik buat Kesehatan

Seperti yang kita tahu bahwa mandi merupakan aktifitas rutin yang selalu kita lakukan sehari-hari. Bahkan mungkin dari kita melaksanakan aktifitas mandi lebih dari 2x sehari. Aktifitas yang kita lakukan ini mulai dari bayi sampai sekarang merupakan hal rutin yang biasa saja. Tetapi dilihat dari ilmu pengetahuan bahwa mandi tersebut juga dapat mempengaruhi pula pada kesehatan. Pola mandi yang selama ini kita lakukan mungkin masih salah jika dirunut pada ilmu pengetahuan tersebut. Karena jika kesalahan ini terus berlangsung maka dengan tidak mungkin akan mengganggu kesehatan kita. Memang bukan kesehatan secara langsung yang terjadi tetapi kesehatan yang sifatnya laten, atau terpendam. Efeknya akan terasa jika kita mulai berumur senja atau tua (> umur 35 tahun).  Salah satu contohnya adalah reumatik, pengeroposan tulang dan sendi bahkan ada yang sampai fatal yaitu kelumpuhan.

Mungkin anda berpikir bahwa penyakit reumathik, pengeroposan tulang dan sendi, nyeri pada tulang merupakan penyakit yang dialami orang tua. Justru anda salah, penyakit ini terakumulasi akibat pola hidup anda yang salah di waktu muda sehingga efeknya terasa diwaktu tua. Bisa anda bayangkan bahwa tubuh anda ketika muda active dalam aktifitas yang memicu darah dan seluruh oragan anda untuk berinteraksi sehingga menghasilkan reaksi eksoterm. Jadi kita umpamakan tubuh kita muda diibaratkan sebuah gelas, sedangkan darah dan sebagainya yang aktif menghasilakn panas tubuh kita ibaratkan adalah air panas. Bila gelas kita isi dengan air panas dan tiba-tiba kita ganti dengan air dingin (dalam hal ini di ibaratkan dengan mandi) dan itu terjadi selama berpuluh-puluh tahun. Maka apa yang terjadi pada usia diatas  35 tahun. Dimana daya tahan dan stamina tubuh menurun? Ya, gelas tersebut akan lapuk, retak bahkan ada yang sampai pecah, lalu bagaimana dengan tubuh kita ini.

Memang keliahatannya sepele, tetapi pola mandi yang kita lakukan selama ini juga mempengaruhi tingkat kesehatan pada tubuh kita. Maka mulai sekarang cobalah untuk mengubah gaya hidup mandi kita agar lebih bermanfaat, selain untuk kebersihan juga untuk kesehatan pula.

Berikut ini merupakan salah satu metode yang coba saya jabarkan tentang metode mandi untuk kesehatan. Setidaknya agar gelas yang terisi air panas tadi jika ingin di siram air dingin maka harus menunggu gelas tersebut menajdi dingin pula. Agar gelas tersebut awet dan tahan lama.

  1. Sebelum proses mandi dilakukan, maka siramlah dahulu dari lutut kebawah sampai kaki serta sikut tangan sampai jari-jari beberapa kali.  Manfaat dari melakukan ini adalah :
    1. Meredakan suhu tubuh pada bagian bawah
    2. Mendorong panas tubuh sehingga terdorong keatas (jadi ketika air disiram ke bagian kaki maka panas tubuh kita bergerak naik keatas dan akan keluar melalui 6 lubang tubuh yang ada di tubuh kita)
    3. Merespon syaraf-syaraf yang ada pada kaki (yaitu pori-pori pada kaki dan bulu kaki) untuk menstimulir hawa dingin yang masuk ke dalam tubuh, sehingga proses pendinginan akan berlangsung lambat dan berkesinambungan. Hal ini seperti prinsip oil cooller pada kendaraan bahwa oli yang panas akan didinginkan melalui membrane /media yang dilewati air, sehingga pendinginan tersebut dapat terjadi melalui dinding membran/media tersebut secara bertahap.
    4. Setelah itu siramlah bagian badan bagian bawah mulai dari pinggang kebawah tunggu beberapa saat lalu bagian atas mulai dari leher k ebawah (seluruh badan kecuali kepala) beberapa kali, dan lakukan proses pembersihan badan baik dengan sabun , lotion atau sebagainya. Seperti proses mandi biasa. Manafaat dari melakukan ini adalah:
      1. Mendorong sisa panas tubuh yang belum keluar menuju kekepala dan panas tubh tersebut akan dikeluarkan melalui lubaang yang ada di kepala yatu mulut dan telinga.
      2. Member waktu kepada kita untuk membersihkan badan seperti biasa sehingga proses mandi tersebut tidak hilang.
      3. Ketika sabunan, memberi waktu pada panas tubuh untuk bergerak keatas menuju kekepala dengan bantuantangan kita yang membasuh tubuh dengan sabun atau lain sebagianya.

Ketika proses sabunan selesai maka bilas lah seprti biasa tetai tetap jangan menyiram kepala. Setelah terasa bahaw badan kita terasa lebih adem dan kepala kita terasa panas maka bilas lah lagi badan kita sampai terasa adem baik di badan dan kepala. Setelah sudah semua terasa adem lalu mulailah proses terakhir yaitu:

  1. Menyiram kekepala dengan air, setelah itu bias melakukan proses lain, seperti keramas atau lainnya. Manfaat dari melakukan ini adalah:
    1. Memberikan waktu pada panas tubuh untuk keluar dari tubuh kita.
    2. Menjaga kondisi badan yang panas untuk menurunkan temperature secar bertahap.

Biasa anda bayangkan bagiamana jika kita mandi atau menyiram tubuh kita mulai dari kepala sampai kaki. Panas tubuh tidak sempat keluar dari badan justru malah terdorong kebawah dan terus kebawah. Hal ini  karena kepala dan badan telah dingin sehingga panas tubuh tidak bias keluar dan menuju kebawah, dan terakhir akan bersemayam pada kaki anda. Disananlah panas tubuh anda akan menumpuk dak ketika kaki kita tersiram oleh air, maka panas tubuh tersebut akan menyerap pada tulang, sendi, urat  dan lain sebagiannya di kaki anda. Itulah mengapa gelas jika terisi dengan air panas dan sering disiram air dingin, lambat laun akan lapuk, retak, dan pecah. Begitupula dengan tubuh  kita ini.

Maka mulai saat ini ubahlah cara mandi kita untuk hari esok dan masa depan anda yang lebih menyehatkan.

Advertisements

9 thoughts on “Mandi Yang Baik buat Kesehatan

  1. Keren bgt gan artikelnya, trz untuk waktu mandi nya nih kk.
    Buat mahasiswa seperti saya, mandi pagi yang baik itu kpn?
    Kalau misalnya jam kuliah pertama saya jam 10, mana yg lebih baik? Mandi jam 9.30 atau jam 7?

    1. to Phaiest (sorry ya, ikut ngejawab)
      menurut saya, mending mandi pukul 7 aja, coz bisa ada waktu untuk sarapan, ngerjain tugas kuliah yang belum kelar, ngak antri di kamar mandi, kalo perlu mandi sebelum subuh coz bisa membuat awet muda dan panjang umur (kata ust. nurmaulana_islam itu indah) ..^_^..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s