Belajar dari Mbah Marijan

Arti sebuah Sumpah Pemuda bagi pemuda. Coba kita dari kaum muda berlajar dari mbah marijan tentang suatu hal yang patut dicontoh. Yaitu Tanggungjawab terhadap pekerjaan.

Dahulu mbah marijan adalah seorang abdi dalem kraton Yogyakarta, Tetapi pada tahun 1982 diangkat menjadi juru kunci oleh Sultan Hamengkubuwono ke IX. Selama bertahun-tahun mbah marijan menjalankan tugasnya dengan ikhlas dan patuh. Amanah yang diberikan kepadanya dari Raja (Sultan HKB IX) dijalankan dengan penuh rasa tanggungjawab. Tidak ada dalam benaknya untuk melanggar amanah tersebut. Menjalankan tugas manjaga Merapi. Tugas yang tidak enteng juga, bahkan cukup berbahaya. Disaat semua masyarakat di minta mengungsi karena bahaya yang mengintai dari awan panas merapi bahakan lahar panasnya. Tetapi tetap teguh dan ikhlas menjalankan tugasnya untuk menjaga Merapi. Dan memeng itu yang diamanahkan Sang Raja kepadanya. Sosok yang polos, taat beribadah, dan supel ini cukup bersahaja di mata masyarakat. Dedikasinya selama hidup sangat luar biasa dalam menjadi juru kunci Gunung Merapi.

Jasad beliau ditemukan dalam posisi sedang bersujud, dan menurut beberapa sumber bahwa beliau sedang melaksanakan sholat saat awan panas turun ke desa kinahrejo. Sebuah tanda orang mulia yang mati dalam keadaan mulia pula.

Amanah yang diemban selama hidupnya tetap dilaksanakan sampai ajal menjemput, konsisten, ikhlas, dan tawadu. Coba sedikit ilmu dari mbah marijan ini dapat diambil oleh para generasi muda. Dalam hal memeringati hari sumpah pemuda, coba belajar dari mbah marijan tentang teguh, ikhlas, tanggungjawab terhadap amanah yang diberikan. Sekecil apapun amanah yang diberikan kepada kita, tetap harus dijaga dan dijalankan. Bukan karena besar kecilnya, bukan karena berat ringannya amanah. Tetapi jalankan dan jaga amanah tersebut.

Dihadapan Allah semua akan dinilai semuanya……

Hidup Mulia dan Mati Syahid……..

Selamat Jalan Mbah Marijan, Semoga Amal Ibadanya diterima……

Terimakasih atas ilmu yang diberikan, semoga menjadi inspirasi bagi kami……….

 

Advertisements

2 thoughts on “Belajar dari Mbah Marijan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s